Bisnis OnlineShop!
Sepeti namanya, bisnis Online adalah bisnis yang bisa diakses menggunakan Internet, Artinya, aktivitas jual-beli, Pelayanan kepada Konsumen, Marketing dan lainnya dilakukan secara online. Menariknya dibisnis ini kita bisa menjual berbagai jenis produk mulai dari barang jasa sampai produk digital. Bahkan tidak ada batasan dari mana calon konsumen produk untuk tersebut. Sebab, pembeli produk bisa berasal dari seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri. Maka dari itu, dengan bisnis online Anda tidak perlu membuka toko atau ruko seperti pada bisnis offline.
Apasih yang di maksud OlineShop
OnlineShop atau disebut dengan Toko Online adalah sistem belanja online yang bisa diakses mengunakan Handphone, Laptop maupun Pc. Dalam sistem online shop ini yang mana pembeli bisa menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait barang yang dijual oleh penjual, dapat melalu Medsos (Media Sosial) contohnya antara lain yang lagi trend saat ini Instagram, Facebook, Whatsaap, dan online shop lainnya.
Jenis Bisnis OnlineShop
1. Bisnis Online di Website
Peluang bisnis ini mengandalkan website sebangai tempat jualan. selayaknya toko, tapi versi online. Artinya, pengunjung bisa melihat informasi produk langsung dari website, melakukan transaksi, menghubungi penjual, dan lainnya. Bisnis online melalui website menjadi primadona di kalangan pebisnis, Website mempunyai kelebihan yang tidak di miliki pembisnis online lainya. Mulai dari branding yang lebih baik, pemasaran lebih luas, kebebasan desain, dan sebagainya.
2. Bisnis Online di Medsos (MediaSosial)
Awalnya media sosial digunakan untuk bersosialisasi, untuk saat ini medsos bisa digunakan untuk berbisnis.
Pasti kalian sudah pernah melihat promosi menggunakan Feed, Status, Postingan di Instagram, Whatsaap dan Facebook kalian kan?
Nah, alasan utama bisnis online di media sosial populer karena sangat mudah memulainya. Anda bisa menggunakan akun pribadi yang sudah ada dan langsung berjualan/Berbisnis. Namun lebih baik menggunakan Akun Bisnis karena tersedianya fitur untuk menunjang bisnis online. Singkatnya, tinggal pilih gambar produk terbaik Anda, isi deskripsi singkat yang menarik, cantumkan harga, dan… posting!
Maka dari itu, banyak yang menggunakan media sosial untuk berjualan produk rumahan atau buatan sendiri.
Sayangnya, di balik semua kemudahannya, bisnis online di media sosial juga mempunyai kelemahan.
Salah satunya adalah terbatasnya kontrol desain yang Anda miliki. Ibaratnya, toko online Anda akan terlihat sama dengan akun pribadi lain. Padahal, bagi sebuah bisnis, tampil stand out atau mencolok itu penting, terutama kalau punya banyak kompetitor.
Pengaruh Bisnis OnlineShop dalam kehidupan Sehari-hari, contoh dampak Positif dan Negatif dari Bisnis OnlineShop
Dampak Positif
Jangkauan Pasar lebih Luas
Pelaku usaha bisa membidik pasar yang lebih luas karena jumlah penduduk di Indonesia lebih dari 267 juta jiwa. Sedangkan konsumen bisa lebih mudah memilih mana penjual yang kredibel dengan penawaran harga lebih murah.
Meningkatkan pendapatan dan mengurangi risiko biaya-biaya lain
Pelaku usaha bisa meningkatkan pendapatan perusahaan lebih besar dibandingkan usaha konvensional yang harus dipotong banyak biaya administrasi, misalnya gaji karyawan, biaya sewa toko, biaya iklan offline, dan lain-lain. Dari sisi pembeli E-commerce, jual beli online berdampak positif pada pengurangan biaya perjalanan, tenaga, dan waktu.
Kemudahan dan fleksibilitas belanja
Dari segi kemudahan dan fleksibilitas belanja, E-commerce sangat menunjang produktifitas para konsumen. Mereka tak perlu lagi pergi ke tempat belanja konvensional sebab belanja online bisa dilakukan kapan dan di mana saja.
Dampak Negatif
Masih rawan penipuan online
Sampai saat ini masi banyak terjadi penipuan online, yang dimana barang yang di pesan dan barang yang diterima tidak sesuai dengan Postingan yang diunggah oleh pemiik produk.
Hilangnya ranah privasi atau pencurian data pribadi
Di Indonesia, belum ada peraturan atau perlindungan data konsumen sehingga banyak orang masih ragu belanja online. Informasi rahasia yang terungkap ke pihak kurang bertanggungjawab berpotensi menyebabkan kerugian lebih besar.
Kehilangan kepercayaan dari konsumen
Berbagai faktor bisa saja terjadi yang menyebabkan perusahaan kehilangan kepercayaan konsumen, misalnya gangguan teknis, faktor pelayanan, praktik bisnis tidak benar, dan masih banyak penyebab lain. Membangun kepercayaan konsumen memang menjadi pondasi penting dalam bisnis Online.
Gimana mau mencoba Bisnis OnlineShop? sangat gampang bukan membuat bisnis sendiri, dengan menggunakan akun Pribadi Anda, dan sudah bisa melakukan bisnis Online sendiri.