Fungsi Kartu Member

Berikut ini beberapa faktor kartu member yang juga berfungsi untuk perusahaan yang mengeluarkannya. Yuk, mari kita mulai bahas bersama:

1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Fungsi pertama dari kartu member, yaitu dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Bagi setiap pelanggan yang telah lama berlangganan, tentu perlu memberikan apresiasi. Salah satunya berikan melalui kartu ini.

Pelanggan akan bisa merasakan manfaat dan keuntungan dari kepemilikan kartu ini, seperti mendapatkan bonus, potongan harga dan lain sebagainya.

Tentu ini merupakan kebahagiaan bagi pelanggan. Sebagai perusahaan, jangan kaget jika kita kemudian mendapatkan keuntungan-keuntungan dari pelanggan yang berbahagia dengan layanan yang diberikan.

2. Sebagai Media untuk Branding

Bagi sebuah perusahaan atau organisasi bisnis, branding sangat penting dilakukan. Pasalnya dengan melakukan branding, pelanggan akan dapat mengenali langsung produk bisnis kita dengan mudah.

Salah satu media yang bisa dilakukan untuk branding adalah melalui kartu member. Setelah pelanggan mendapatkan banyak pelayanan dari kepemilikan kartu, pelanggan akan merasakan senang dan puas.

Ini tentu akan meningkatkan loyalitas pelanggan itu sendiri. Sebagaimana yang telah dijelaskan pada poin pertama.

Kepuasan dan kebahagiaan dari pelanggan tersebut tentu akan dia sampaikan dan ceritakan kepada lingkaran terdekatnya, baik itu keluarga atau tetangga.

Ini tentu akan membuat citra perusahaan menjadi semakin baik. Belum ditambah dengan kemungkinan pelanggan yang puas tersebut mengajak orang lain untuk mendaftar sebagai anggota agar mendapatkan kartu member.

Tentu hal tersebut merupakan sebuah keuntungan plus kelebihan. Sebagai perusahaan kamu tidak harus bersusah payah melakukan promosi terkait keanggotaan. Namun, hal ini dilakukan oleh pelanggan yang merasa puas.

Jika sebagai perusahaan mendapatkan pelanggan yang puas terhadap pelayananmu, ini merupakan sebuah aset yang harus tetap diperhatikan dan senantiasa dijaga.

Ini karena sedikit banyaknya akan memberikan keuntungan kepada kita sebagai sebuah perusahaan.

3. Menjaring Data Pelanggan

Fungsi kartu member terakhir, yaitu dapat berperan untuk menjaring data pelanggan. Sebagaimana dalam pepatah bahasa Inggris, yang mengatakan bahwa data will driven you to analyze the market.

Berawal dari data pelanggan, kita bisa melakukan analisis pasar. Baik itu tentang kebutuhan pelanggan, penjualan dan lain sebagainya.

Terutama lagi, di era digital seperti saat ini, data dapat membantu perusahaan dalam berbagai aspek.

Mulai aspek untuk menganalisis pasar, mengetahui targe pasar, hingga penentuan strategi yang akan dijalankan dalam marketing. Terutama dalam strategi digital marketing.

Ketika kita sebagai perusahaan yang memberikan kartu member kepada pelanggan, tentu kita akan mendapatkan data pelanggan tersebut. Mulai dari nomor handphone, alamat email hingga akun media sosial.

Dengan begitu, kamu sebagai perusahaan bisa memberikan promosi dan mengirimkannya melalui alamat email, nomor handphone atau akun media sosial pelanggan yang memiliki kartu.

Oleh karena itu, sebagai sebuah aset, data pelanggan memegang peran penting untuk pengembangan bisnis. Sebagaimana yang dapat kamu lihat dalam penjelasan di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.